Header Ads

HPI Komda Kepri Bahas Agenda Kerja 2019

Duduk Dari kiri ke kanan : Kamalia Isabella Lais , Suhardianto (UPB), Yudo (Ketua Komda HPI Kepri, Rumbadi Dalle (Wakil Ketua HPI Kepri. Berdiri : dari kiri ke kanan : Brilian ( Unrika), David (UPB), Taufik Afdal ( (Miftahul Ulum) Afriana (UPB),  Khairil ( Unrika), , dan Laili ( UIB).


BatamLink.com---Untuk meningkatkan kemampuan bahasa  asing lisan dan tertulis diperlukan keseriusan belajar bahasa tersebut, apalagi menjadi seorang penerjemah." Harus ada juga panggilan jiwa," kata Ketua Komisariat Daerah (Komda) Himpunan Penerjemah Indonesia Kepulauan Riau ( Kepri )Dr.Yudo Diharjo Lantanea,Sh.,B.EBF,.M.Kn dihadapan pengurus, Sabtu, 09 Desember 2019.

Ia berharap peran pengurus dan anggota HPI untuk mengajak para mahasiswa bergabung dengan HPI.Sebab, para senior yang kini menggeluti bidang penerjemah bahasa asing harus menyerahkan tongkat ke generasi muda yang energik. " Yang senior berangsur memberi peluang kepada yang muda-muda," lanjut Yudo yang anthusias HPI akan lebih maju, apalagi dikaitkan dengan Kepri khusunya Batam menjadi tujuan pihak asing berinvestasi.

Kamalia Isabella Lais, salah seorang pengurus HPI Komda Kepri menceritakan pengalamannya ketika mengikuti pelatihan penerjemah yang dipandu oleh tutor asing menjelaskan, bahwa menjadi penerjemah harus memahami yang bakal diterjemahkan. Artinya hanya menerjemahkan kata-kata, tapi memaknainya. Sebab-kata dia- dalam bahasa Inggris yang dalam bahasa Inggris ada dua kata berbeda, namun maknanya seolah-olah sama.


Padahal dalam pemaknaan berbeda. Setelah menjalin kerjasama dengan Universitas Riau Kepulauan Batan (Unrika) dan versitas Internasional Batam (UIB),dan Sekolah Tinggi Agama Islam Muftahul UlumTanjung Pinang, HPI akan menjalin kerjasama dengan Universitas Putra Batam (UPB)." Sasaran HPI generasi muda khususnya mahasiswa," ujar Yudo. Diharap ke depan penerjemah penerjemah menjadi ladang baru bagi dosen dan mahasiswa dan masyarakat umum. RD@BatamLink.com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.